Berjanji

​Pembacaan janji pada sebuah acara seremonial itu apakah benar-benar disebut dengan janji yang akan dimintai pertanggungjawabannya? Bahkan jumlahnya pun saya sudah lupa, berapa kali janji pernah saya ikrarkan, apalagi yang dijanjikan.

Ada banyak sekali momen yang mengharuskan diucapkannya janji. Misalnya saja saat prosesi wisuda, saat menjabat sebagai pengurus disebuah organisasi, saat upacara sekolah, dan sebagainya. Biasanya diikrarkan secara lantang dan semangat oleh peserta prosesi. Janji setia untuk melaksanakan poin-poin yang disebutkan. Biasanya berisi hal-hal baik. Ada yang bersifat umum, adapula yang spesifik. 

Janji yang bersifat umum biasanya yang menyangkut sebagai warga negara, umat beragama, dan manusia. Agar bersikap dan bertindak sesuai norma, syariat, dan aturan yang berlaku. Sedangkan yang spesifik menyangkut dengan jabatan atau title yang disematkan pada pemegang janji. 

Tidak tahu lah harus diapakan itu semua. 

Semua gara-gara sebuah foto yang menampilkan janji wisudawan saat prosesi wisuda dulu. Menukil ingatan dulu pernah janji demikian. Ekspresi yang dipasang kurang lebih seperti ini

 -_-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s