Saat untuk Memulai 


Saya sering kali merasakan. Sudah terhenti sebelum memulai sebuah pekerjaan. Alasannya selalu sama, fasilitas yang saya miliki belum cukup. Kemudian muncul lah pembenaran untuk menundanya di lain waktu jika sudah lengkap.

Kalau diingat-ingat, saya pernah menyusun beberapa business plan dan berakhir mangkrak tidak tereksekusi. Di suatu proyek yang lain juga demikian. Gara-gara terskip satu-dua komponen elektronik tidak terbeli, saya tunda sampai semua lengkap. Barulah dikerjakan.

Ada begitu banyak alasan-alasan kecil yang dijadikan pembenaran untuk tidak menyegerakan dalam memulai. Padahal jika satu hal belum dapat dikerjakan karena suatu kendala, tidak menutup kemungkinan hal lain dapat dikerjakan lebih dahulu. Sehingga ada progress dari apa yang sedang digarap. Dari pada harus menunggu semuanya siap. 

Kalau dilihat lebih seksama, pekerjaan besar sebenarnya memang hanya sekumpulan pekerjaan-pekerjaan kecil yang available untuk segera dieksekusi. Sebagian memang harus dikerjakan secara sekuensial atau berurutan: ini belum bisa sebelum itu. Tapi ada juga yang tidak berkaitan, atau dapat dilakukan secara paralel. Tidak bergantung dari pekerjaan lain. 

Meski sudah tahu pun, masih ada banyaak sekali pekerjaan yang tertunda. Pengetahuan itu syarat perlu, bukan syarat cukup. Menjadi tahu dan sadar hanya satu bagian saja. Ada faktor-faktor lainnya. Yang jika dibahas hanya akan menambah pembenaran untuk terus menunda. 

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian (HR. Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706)

Advertisements

2 thoughts on “Saat untuk Memulai 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s