Selamat Hari Lahir Pancasila

Sudah lama semenjak lulus SMA, 5 butir dasar negara itu tidak saya ucapkan secara lantang lagi. Setelah 12 tahun dengan panduan seorang pembina di bawah kibaran sang pusaka. Pada momen upacara bendera itu. Bersama dengan seluruh peserta lainnya. Terlafal fasih dan satu irama. 

Kini kusadari, barulah pemahaman akan Pancasila itu diuji. Benarkah kita anggap sebagai dasar negara?  Berkeyakinan pada Tuhan yang Esa. Menjadikanya sumbu dalam berjuang menghadirkan keadilan. Pemersatu bagi perbedaan. Kerakyatan yang penuh hikmah kebijaksanaan. Dan upaya penuh dalam mewujudkan kesejahteraan bagi sesama. Teruntuk yang berada pada jajaran pemerintah, pun juga sebagai rakyat yang berdiri di atas bumi pertiwi. 

Hari-hari ini pula menjadi ujian bagi kita. Konflik berkepanjangan, bagaimana cara kita menyikapinya. Terhadap perbedaan, masihkah kita perlu mengusiknya. Atau berfokus pada apa yang diyakini masing-masing, menjalankannya secara sadar dan penuh. Juga menerima secara utuh pemberian Allah atas diri ini dan juga atas orang lain, yang bisa jadi berbeda. Lalu saling bertoleransi menghadirkan suasana yang kondusif bagi sesama warga Indonesia. 

Saya hanyalah setitik dari lukisan besar Indonesia. Hanyalah satu warna dari jutaan lainnya yang terkombinasi. Terus berusaha untuk berpikir dan berbuat serta memposisikan diri. Agar tidak berperan sebagai kecacatan, sebaliknya yang memperindah maha karya itu, Indonesia. 

😊🇮🇩

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s