Dimulai dari Kondisi Saat Ini

Semua orang memiliki masalah dalam dirinya. Dan setiap orang memiliki solusi masing-masing yang bisa jadi sangat berbeda dengan orang lain. Ada orang-orang yang mampu segera sadar dari masalahnya kemudian segera bertindak untuk perubahan yang ia harapkan. Namun selalu ada orang yang terus berkutat pada masalah sehingga seolah ia takkan menemukan jalan keluarnya.

Saya percaya bahwa segala persoalan pasti ada jawabnya. Allah menjanjikan akan hal itu. Tidak ada yang terlalu berat bagi seseorang untuk menuntaskan persoalan pada dirinya. Asalkan ia memiliki tekad yang kuat untuk menuntaskan dan melepaskan segala sisi negatif pada dirinya kemudian beralih pada kebaikan-kebaikan yang seharusnya ia lakukan. Selama hayat masih di kandung badan, maka tidak ada kata terlambat untuk mengubah pribadi menjdi lebih baik. Kita hanya perlu menjadikan kondisi kita saat ini menjadi awalan terbaik untuk memulai perubahan pada diri sendiri. Tidak ada kata besok atau nanti. Karena kesempatan yang kita miliki hanya ada detik ini

Kita hanya perlu menjadikan apa yang sedang kita alami, kita miliki, dan kita rasakan saat ini sebagai ujung untuk mengurai benang kusut yang penyebabnya adalah diri kita sendiri. Terlalu banyak memusingkan hal-hal yang ada di luar kendali kita hanya akan membuang waktu dan energi tanpa ada hasil sedikitpun. Hanya dengan berfokus pada kondisi kita saat ini, kita akan tahu bagaimana seharusnya kita memulai.

Kebanyakan dari kita mungkin akan berpikir untuk menemukan momentum perubahan diri yang hakiki. Yang menyebabkan kita mampu mengubah diri kita secara total. Terus menunggu dan berharap. Seringkali kita sibuk dengan meratapi apa yang telah terjadi pada kita. Bersedih dengan kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Kemudian kita hanya mengurung diri dengan pergumulan yang tiada henti dengan diri kita sendiri. 

Memulailah perubahan itu dimulai dari kondisi saat ini. Tanpa terlalu banyak menengok ke belakang. Tanpa terlalu banyak berkhayal akan masa depan. Kita selalu berpijak pada waktu dan tempat yang tepat untuk memulai. Kita berpijak pada masa kini. Hanya dengan mengubah masa kini, kita akan mengubah masa depan. Hanya dengan mengabaikan masa kini, kita akan menutup kesempatan masa depan yang luar biasa yang akan Allah sediakan bagi mereka yang mengubah dirinya.

Kita harus keluar dari masalah-masalah pribadi kita. Kita harus memikirkan masalah yang lebih besar lagi. Kita harus bergerak dari kegelapan menuju cahaya. Kita tak perlu menunggu ada penyelamat datang. Kita bergerak dari apa yang ada pada diri kita saat ini.

Sejatinya kunci perubahan ada pada diri kita sendiri..
Dimulai dari hal yang terkecil
Dimulai dari diri sendiri
Dan dimulai dari sekarang

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s